Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VANILI namanya...
Tanaman yang satu ini mulai langka untuk ditemukan bahkan jarang sekali para petani yang membudidayakan tanaman yang satu ini..
Dengan proses yang sangat sulit dan membutuhkan keahlian. mengawinkan antara kembang sehingga menjadi buah...
Dan di tambah cara penjemuran yang tidak asal-asalan.
Jadi tidak heran buah yang satu ini sangat mahal harganya,. Et, tapi bukan karena mahal atau susahnya loh....
Namun karena manfaat dan Vitamin nya... yang paling berharga bagi kita....

VANILI bukan hanya sekedar ramuan lezat dalam makanan, namun juga memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut, mempercepat penyembuhan, mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis, melindungi jantung dan mengatasi masalah jerawat, serta masih banyak manfaat lainnya yang dapat Anda gunakan.

Bumbu vanili yang terdapat di dalam makanan dari bunga anggrek, yang mengandung buah-buahan yang berbentuk seperti polong. Buah polong ini bisa berkisar antara 5-22 cm dan dianggap berkualitas lebih tinggi bila lebih besar.

Buah polong ini, harus dipetik dengan tepat pada waktu tepat untuk memastikan bahwa biji polong tidak muncul dan warnanya sudah matang. Pemanenan polong adalah proses yang memakan waktu.

Ekstrak, bubuk, polong utuh dan gula vanili merupakan hal paling umum yang terdapat pada vanili dan ini dapat digunakan pada berbagai kesembuhan yang berbeda. Vanili baik bagi tubuh karena kaya akan nutrisi.

Vanili menjadi salah satu solusi penyembuhan yang paling terpercaya dan rasa paling populer di lidah kita.

Ciri-ciri Vanili:

Tanaman vanili sendiri memiliki batang yang berukuran kecil, karena berstuktur tanaman yang merambat, sehingga hanya memiliki batang kecil, yang kira-kira hanya sebesar jari kita. Daun vanili memiliki warna yang hijau dan terang, memiliki panjang sekitar 15 cm dengan bentuk daun yang memiliki ujung lancip.Tanaman ini juga memiliki bunga,yang berukuran sekitar 4-8 cm dan memiliki wangi yang sedap.

Berikut beberapa  manfaat vanili :

1. Sebagai campuran pada kue dan bahan makanan
Fungsi dari penambahan daun vanili ini bagi masakan dan juga kue adalah sebagai penambah aroma dan penambah cita rasa.

2. Sebagai aromaterapi
Sudah banyak sekali jenis aromaterapi dalam bentuk spray atau semprot dan juga lilin                      aromatherapy yang memanfaatkan daun vanili untuk diekstrak wangi nya sebagai salah satu aromaterapi.

3. Anti inflamasi
Dengan mengkonsumsi ramuan atau campuran dari daun vanili ini, maka tubuh kita dapat terhindar dari jenis-jenis peradangan, seperti radang tenggorokan, radang usus, radang lambung, dan juga jenis peradangan lainnya yang kemungkinan dapat menyerang tubuh kita.

4. Memperbaiki sistem syaraf
Hal ini berhubungan erat dengan efek relaksasi,dimana sistem syaraf dan otot yang tadinya merasa tegang akan kembali menjadi rileks, serta dapat membuat individu merasakan ketenangan dan juga kenyamanan.

5. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang berada dalam program diet khusus untuk menurunkan berat badan,cobalah untuk menjadikan daun vanili dalam salah satu daftar bahan campuran menu makanan anda untuk membantu mempercepat menurunkan berat badan anda dengan sukses.

6. Meningkatkan fungsi otak
Daun vanili dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan juga efektif untuk meningkatkan kecerdasan anda.

7. Kesehatan Jantung
Zat di dalam vanili, yaitu Vanillin, telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke, karena kolesterol rendah dapat mencegah aterosklerosis, pembengkakan di arteri, dan pembekuan darah.

8. Mencegah Jerawat
Orang yang memiliki masalah dengan jerawat, seringkali tidak percaya diri. Untungnya, sifat antibakteri dari vanili mampu melawan jerawat, karena mampu menghilangkan infeksi yang mendasarinya dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

9. Memperkuat Rambut
Vanili sering termasuk dalam produk kebersihan dan kecantikan karena memiliki efek pada rambut dan kulit. Jika Anda sering mengalami perpecahan atau rambut rontok, gunakanlah minyak esensial vanili karena dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat.

10. Mencegah Kanker
Salah satu fungsi antioksidan yang paling penting adalah menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam ekstrak vanili, terutama kandungan vanilin yang tinggi dapat mencegah efek negatif radikal bebas, seperti kanker dan penyakit kronis.

Itulah beberapa manfaat dari daun vanili yang perlu anda ketahui...

Post a Comment for " "